Butuh Referensi Tempat Wisata ? Goa Lanang Selasari Layak Dicoba

0
88

Berbicara mengenai tempat wisata memang tak ada habisnya untuk dibahas, banyak pilihan untuk menentukan pilihan destinasi wisata anda. Salah satunya adalah Wisata Goa Lanang yang terletak di Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran layak anda coba, Mengapa disebut Goa Lanang? Bagaimana dan apa saja aktifitas yang  yang bisa dilakukan? berikut uraian singkatnya :

Gambaran Umum Objek Wisata Goa Lanang

Objek Wisata Goa Lanang Terletak di Dusun Cikawung, Desa Selasari, Kecamatan Parigi Kabupaten pangandaran, pada ketinggian 200 s/d 500 meter diatas permukaan laut. Berdasarkan zonefikasi jawa barat, wilayah Objek Wisata Goa Lanang termasuk ke zone Pegunungan Selatan (Sourthen Mountains). Zone pegunungan selatan terbentang di priangan bagian selatan mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu sampai Nusakambangan lebarnya rata-rata 50 km, tetapi Nusakambangan hanya beberapa kilometer saja. Keseluruhannya merupakan sayap selatan dari antiklin Jawa yang miring kea rah Samudra Hindia.

Wana Wisata ini berupa hutan lindung, hamparan sawah, sekumpulan goa-goa cantik yang memiliki sumber air dan Sungai yang kini digunakan untuk aktifitas Body Rafting, kebutuhan lahan pertanian serta kebutuhan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Potensi visual lansekap menuju lokasi sangat menarik dengan pemandangan alam berupa : panorama hamparan sawah, gugusan bukit-bukit, hutan Lebat serta hamparan batuan karst. Sedangkan potensi lansekap di dalam kawasan yang memiliki karakteristik khas berupa sungai bawah tanah sepanjang 366 meter.

Nama Goa Lanang berasal dari bahasa jawa yang artinya Goa Laki-laki. Penamaan wilayah Goa Lanang sejak ratusan tahun yang lalu sangat beralasan karena di wilayah ini terdapat Stalagmit berbentuk kelamin laki-laki pada salasatu goa yaitu di Goa Karaton

Kondisi Hidrologi Onjek Wisata Goa Lanang terdiri dari air permukaan dan air tanah. Air permukaan berupa aliran Sungai Goa Lanang, sedangkan air tanah berupa sumur gali dan beberapa mata air.

Fasilitas
Berikut fasilitas yang terdapat di Goa Lanang:
– Kamar ganti/tempat bilas
– MCK
– Pelampung
– Headlamp
– Ban Karet
– Genset
– Helm
– Body Protecktor
– Camping Ground
– Jalan Setapak Hutan
– Tempat parker kendaraan Roda Dua dan Roda Empat

Potensi Objek dan Daya Tarik Wisata
– Kumpulan Goa-goa cantik dalam satu kawasan sebanyak 6 Goa
– Sungai bawah tanah sepanjang 366 meter yang bisa dilalui dengan cara body Rafting
– Hutan Lebat berupa hutan Lindung dengan aneka tumbuhan jenis langka yang berusia ratusan tahun yang menjadi habitatnya beberapa jenis hewan langka seperti Landak, Tando, Pukang, Trenggiling, ayam hutan, serta beberapa jenis kera.
– Bentang alam berupa hamparan batuan karst.
– Jernihnya Air sungai terutama di musim kemarau

Aktifitas Wisata
– Body Rafting
– Pendidikan dan pelatihan
– Caving
– Camping
– Trekking
– Sight seeing
– Outbon

Menyusuri sungai sepanjang 1,5 km menggunakan ban (tubing), lifejacket serta Headlamp, melewati beberapa jeram yang mengasikan, melintasi Goa Petir sepanjang 366 meter dipandu oleh pemandu wisata yang ramah, serta terampil dibidangnya. Melaju beriringan duduk diatas ban (tube) layaknya permainan kereta-keretaan.
Bagi yang bernyali tinggi bisa mencoba beberapa spot jumping point diantaranya di start rafting setinggi 10 meter dan juga di finish point setinggi 8 meter. Selama menyusuri sungai pengunjung dapat menyaksikan tebing-tebing indah, pemandangan nuansa hutan yang asri dan menawan, pohon-pohon besar menjulang tinggi yang berusia ratusan tahun, kicau burung yang melantunkan nada-nada berirama, gemericik air mengalir serta sejuknya udara pegunungan senantiasa menjadi harmoni alam yang menakjubkan.
Goa Petir tergolong ke dalam jenis goa karst. Goa karst atau goa kapur terberntuk oleh persenyawaan kalsium karbonat dan air hujan yang mengandung karbondioksida selama bertahun-tahun, hasilnyapun menjadi beraneka ragam bentuk dan coraknya. Eksotisme keindahan goa petir tidak mudah ditemukan ditempat lain, pada waktu-waktu tertentu pengunjung akan mendapati sinar matahari yang berasal dari lobang di atap goa. Dinding Goa petir berwarna kuning keemasan, mulut goanya berwarna biru, selain kaya dengan Stalagtit dan stalagmitnya air yang menetes di dalam goa menurut berbagai survai bersifat alkali dengan Ph tinggi, air seperti itu baik untuk kesehatan.
Sebelum beranjak pulang, di finish point pengunjung mendapatkan kesempatan untuk menguras hasrat berenang hingga puas, finish point tempatnya cukup luas bisa menampung ratusan orang untuk berenang.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here