Sekilas Tentang Penduduk dan Kependudukan

0
48

Penduduk adalah orang yang berdomisili atau bertempat tinggal menetap di wilayah suatu negara dan telah memiliki syarat menurut undang-undang. Sedangkan yang disebut bukan penduduk adalah orang yang berada di wilayah negara untuk sementara serta tidak bermaksud bertempat tinggal tetap di negara itu. Adanya perbedaan itu maka berbeda pula hak dan kewajibannya. Penduduk boleh mendirikan suatu perkumpulan dan bleh melakukan suatu pekerjaan, bukan penduduk tidak memiliki hak dan kewajiban itu.

Adapun Kependudukan adalah hal ihwal yang berkaitan dengan jumlah, struktur, umur, jenis kelamin, agama, kelahiran, perkawinan, kematian, persebaran, mobilitas, dan kualitas serta ketahanannya  yang menyangkut politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Dalam perkembangannya untuk menertibkan kependudukan dibutuhkan dokumen, yakni dokumen kependudukan, yaitu dokumen resmi yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Di Kabupaten Pangandaran khususnya Instansi yang menanganinya yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang beralamat di Jalan Merdeka No.185 Telp/Fax (0265) 633185 Pangandaran Kode Pos 46396.

Dokumen Kependudukan pada dasarnya meliputi :

  • Biodata Penduduk;
  • Kartu Keluarga (KK);
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Surat Keterangan Kependudukan;
  • Akta Pencatatan Sipil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here