Posluhdes Selasari Terima Perangkat Jarkomluhdes

0
23

Sebanyak 21 Posluhdes se Kabupaten Pangandaran terima Perangkat Jarkomluhdes Tahun 2019, Penyerahan dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran bertempat di Aula Desa Karangbenda 21/08/2019 dan sekaligus Bimbingan teknis Aplikasinya.

Pos Penyuluhan Pertanian Desa (Posluhdes) adalah kelembagaan penyuluhan di tingkat desa yang merupakan unit kerja nonstruktural yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama. Posluhdes memiliki fungsi yang sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian dalam memberikan pelayanan kepada petani dan masyarakat.

Posluhdes sebagai bagian dari sistem penyelenggaraan penyuluhan yang berada di tingkat paling dasar bukan berarti tidak memiliki arti penting, justru di tingkat inilah gerakan pembangunan pertanian menjadi barometer nasional.

Jarkomluhdes sendiri yaitu Jaringan Komunikasi Penyuluhan Desa. Dengan begitu, Posluhdes terkoneksi melalui jaringan internet sehingga para petani akan mudah mengetahui informasi tentang harga komoditas, potensi desa, rencana produksi, luas panen, hingga memudahkan memasarkan produk pertanian. Melalui Jarkomluhdes ini juga Gapoktan bisa berkomunikasi tatap muka langsung dengan stakheolder di Pemprov maupun Pemkot dan Pemkab melalui video conference.

Jarkomluhdes terdiri dari sistem database dan video conference yang meliputi aplikasi database berupa informasi potensi desa, rencana produksi, harga, luas tanah, luas panen dan potensi lainnya. Jadi sarana ini tidak hanya untuk teleconference tapi bisa juga pencarian informasi data.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here